KOSMETIK UNTUK KULIT BAYI

Maret 22, 2014 at 9:42 am Tinggalkan komentar

Seperti halnya kulit dewasa, kulit bayi pun memerlukan perawatan agar tetap sehat. Namun karena kondisinya yang lebih tipis dan halus tentu produk untuk bayi juga dipilih yang khusus yaitu yang lebih aman dan kurang iritasi dibanding produk untuk orang dewasa.

Ada 3 tindakan perawatan kulit yang diperlukan pada bayi :

Pembersihan kulit dari kotoran yang menempel pada kulit. Untuk ini diperlukan kosmetik pembersih berupa sabun. Sabun yang dipilih adalah yang agak berminyak dan netral (pH sekitar 5) karena bila pH-nya terlalu tinggi (9,5-11) kulit bayi bisa iritasi. Bila diperlukan dapat dipakai sabun hipoalergenik yang tidak berwarna dan tidak wangi, dua hal yang sering menimbulkan iritasi. Bayi yang sehat umumnya memerlukan mandi 2 kali sehari.

Pelembaban kulit agar sel-sel kulit tetap mengandung air yang cukup. Pelembab adalah bahan yang dapat memepertahankan atau menambah kandungan air dalam kulit. Pada kulit bayi yang sehat umumnya tidak diperlukan pelembab. Tetapi pada kulit bayi prematur kurang dari 30 minggu dan kulit bayi yang kering karena menderita eksim diperlukan pelembab dan pilih yang tanpa warna dan tanpa parfum.

Perlindungan/ proteksi kulit dari berbagai faktor lingkungan yang merusak kulit. Berbeda dengan orang dewasa, bedak pada bayi lebih bersifat untuk merawat dibanding sebagai dekoratif karena berisi bahan higroskopis yaitu mengeringkan dan juga menurunkan gesekan permukaan kulit yang dapat menghindari lecet. Namun penggunaan pada bayi juga harus hati-hati, jangan menyebabkan terhirup ke paru-paru (seringkali digosokkan di atas bayi) dan juga pada kondisi kulit bayi sedang menderita sakit tertentu tidak dianjurkan dulu memakai bedak.

Sumber :Wasitaatmadja, Sjarif M. Dermatologi kosmetik.Badan Penerbit FKUI, Jakarta, 2012 :158-60

Entry filed under: Kesehatan Kulit. Tags: .

Apakah acyclovir aman bagi wanita hamil? Menderita nurodermatitis? Hindari cemas berlebihan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


jumlah kunjungan

  • 124,344 kunjungan
Maret 2014
S S R K J S M
« Jun   Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

%d blogger menyukai ini: