Mencegah dan mengatasi ‘sunburn’

Juni 5, 2011 at 3:29 pm Tinggalkan komentar

Mengisi liburan dengan berenang dan bermain air bersama anak-anak memang menyenangkan, dan karena asyiknya seringkali panas matahari yang menyengat tidak dirasakan. setelah sampai rumah, sekitar 2-8 jam kemudian barulah terkadang timbul keluhan merah terbakar pada area tubuh yang terkena paparan matahari.. Bagaimana mengatasinya? Pertama, berikan kompres dingin di area yang terkena.  Mengkonsumsi vitamin E natural dapat mengurangi inflamasi karena ‘sunburn’.  Nah, untuk perawatan lebih lanjut bisa datang ke pelayanan kesehatan dan mungkin akan diberikan krim tertentu yang harus memakai resep untuk penyembuhan yang optimal serta mencegah risiko timbulnya kehitaman bekas peradangan.

Bagaimana pun mencegah selalu lebih baik daripada mengobati, beberapa tips berikut mungkin bermanfaat untuk menghindari ‘sunburn’ :

  • hindari paparan matahari ketika sedang terik-teriknya (apalagi bila berenang/ bermain air, sinar matahari juga di-refleksi-kan oleh air)
  • bila berenang (tentunya bukan malam hari) memakai sunblock/ tabir surya waterproof, pemakaian di ulang  sekitar 2 jam sekali
  • mengkonsumsi vitamin E natural 400 IU setiap hari dapat memberi perlindungan proteksi setara SPF 4

Literatur menyebutkan seseorang yang pernah mengalami ‘sunburn’ yang parah memiliki risiko 2 x lipat untuk terkena kanker kulit dan anak-anak/ orang dewasa yang pernah terkena dua kali ‘sunburn’ risiko untuk terkena kanker kulit meningkat menjadi 3x lipat..

Sekian dulu posting kali ini, semoga kesempatan lain bisa membahas lebih banyak tentang efek radiasi matahari pada kulit kita..

Entry filed under: Kesehatan Kulit. Tags: , , .

PENELITIAN KUSTA Apakah acyclovir aman bagi wanita hamil?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


jumlah kunjungan

  • 124,341 kunjungan
Juni 2011
S S R K J S M
« Nov   Mar »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

%d blogger menyukai ini: