Perubahan kulit yang terjadi sekitar masa kehamilan

November 5, 2008 at 2:33 pm 4 komentar

Banyak perubahan yang terjadi pada tubuh seorang hamil, diantaranya perubahan yang terjadi pada kulit (termasuk rambut, kuku, membran mukosa). Perubahan tersebut adalah :

  • Hiperpigmentasi. Warna kehitaman ini bisa lokal mau pun menyeluruh, dan terjadi pada hampir 90% wanita hamil. Warna kehitaman dapat timbul pada garis tengah perut bagian bawah, area sekitar puting payudara, ketiak dan sekitar kemaluan serta yang khususnya paling mengganggu adalah di sekitar leher. Warna kehitaman ini seara bertahap akan berkurang dan menghilang setelah melahirkan.
  • Garis demarkasi pigmentari. Pada orang-orang yang berkulit gelap terdapat semacam garis batas bagian luar dan dalam lengan atas dan kaki yang ketika hamil dapat lebih jelas.
  • Melasma/flek. Meskipun sekitar samping kanan kiri hidung adalah area tersering, melasma juga bisa timbul di dahi, pipi, bibir atas, hidung dan dagu. Terjadinya pada trimester 2 kehamilan dan dialami sekitar ¾ wanita hamil (dan juga dialami 1/3 wanita yang memakai pil KB oral. Melasma karena kehamilan atau pil KB yang mengandung estrogen sekitar 30% akan menetap
  • Striae distensae/stretch marks ini terjadi pada hampir semua wanita hamil selama trimester 2 dan 3 masa kehamilan. Ini dapat timbul di area perut, payudara, bokong dan paha. Ini seperti yang terjadi pada sindrom Cushing’s, terapi steroid, dan perubahan berat badan dalam waktu singkat.setelah melahirkan garis-garis ini akan menipis tetapi kadang tidak bisa hilang sempurna.
  • Perubahan rambut dan kuku. 1-5 bulan setelah melahirkan rambut akan rontok dan dapat berlangsung sampai satu tahun sebelum akhirnya tumbuh lagi. Sedang perubahan kuku yang terjadi adalah kuku lebih lunak dan lebih apat tumbuh, ini dimulai sejak trimester 1.
  • Perubahan membran mukosa. Yang sering terjadi adalah gingivitis.
  • Perubahan vaskular, seperti hemoroid ( ambeien) dan varises di kaki dapat terjadi. Untuk menguranginya penderita dilarang duduk atau berdiri dalam waktu lama.

Sumber : Obstetric and Gynecologic Dermatology. 2nd edition. M Black, M McKay

Entry filed under: Kesehatan Kulit. Tags: , , , .

Cara Pemakaian Tabir Surya : berapa jumlah yang diperlukan agar dapat terhindar dari kanker kulit? Adakah yang harus disiapkan sebelum prosedur pengelupasan kimiawi/ chemical peeling ?

4 Komentar Add your own

  • 1. kehamilan  |  November 7, 2008 pukul 8:53 am

    oh..bru tw klo orang hamil bisa berubah kulitnya…knp bs gt ya

    Balas
  • 2. mariasonhaji  |  November 7, 2008 pukul 12:59 pm

    terima kasih Mbak atas tanggapannya. secara umum bisa gitu karena pengaruh hormon tertentu yang meningkat pada waktu hamil, meski pada beberapa kelainan mekanisme pastinya masih dicari. contohnya pada striae distansae/stretch mark, penyebab pastinya belum diketahui, tapi hormon memegang peranan penting karena hormon (adrenokotikal, estrogen dan relaksin) akan membuat regangan pada kulit..bila berminat lebih detail ada beberapa referensi yang menjelaskan satu per satu

    Balas
  • 3. dyaz  |  Desember 15, 2008 pukul 9:20 am

    mbak… antibiotik yang efektif dan paling bagus untuk bakteri staphylococcus aureus ap y???????

    Balas
    • 4. mariasonhaji  |  Desember 16, 2008 pukul 1:33 am

      Trims atas kunjungan dan pertanyaannya, tapi…ini nguji atau ngetes ya…he he he, jadi inget dulu, kalo lagi ujian.. kata literatur sih yang bagus penicillinase-resistant agent contohnya seperti dicloxacillin. Cuma kalo infeksinya dikit/ terlokalisasi kayaknya cukup topikal aja deh, pake mupirocin (lengkapnya ada di artikel Antibiotika Topikal)

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


jumlah kunjungan

  • 124,344 kunjungan
November 2008
S S R K J S M
« Okt   Des »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

%d blogger menyukai ini: