Jerawat : diobati sekarang sembuh bulan depan…

Oktober 7, 2008 at 3:05 am Tinggalkan komentar

Salah paham tentang jerawat bukan saja masalah mitos-mitos penyebab yang berkembang. Seringkali pengobatan jerawat menimbulkan banyak tanda tanya bagi penderitanya. Segala saran dicoba dan karena tidak segera memberi hasil yang memuaskan penderita langsung beralih ke obat lain. Bila dana memungkinkan, seringkali penderita mengunjungi satu klinik ke klinik yang lain dan hasilnya tetap mengecewakan. Kalau sudah begini apa yang salah?

Sebelum membicarakan masalah pengobatan, perlu diketahui sekilas bahwa timbulnya jerawat bukan semata-mata akibat bakteri yang menginfeksi kulit, tetapi juga saling mengait dengan aktifnya kelenjar minyak yang juga dipengaruhi hormon-hormon tertentu dan adanya penumpukan ’kulit mati’ di pori-pori kulit. Sehubungan dengan faktor yang terakhir, proses pergantian sel kulit yang normal biasanya berlangsung antara 26-42 hari, dan pada penderita jerawat, sel-sel mati ini tidak mau ’lepas’ tetapi malah menumpuk dan melekat satu sama lain sehingga menyumbat pori-pori.

Untuk jerawat meradang yang sudah ada relatif lebih mudah diatasi. Yang sulit dan sesungguhnya menjadi tujuan utama pengobatan jerawat adalah mencegah jerawat timbul lagi. Inilah sebabnya untuk mendapat hasil yang baik, pengobatan jerawat memerlukan waktu sekitar 6- 8 minggu, dengan catatan penderita merawat kulit sehari-hari dengan cara yang benar (telah dibicarakan pada tulisan lain tentang jerawat). Bila tidak, tentu tidak akan tercapai hasil yang diinginkan.

Bila kita ke klinik/ dokter, ada 5 prinsip dasar untuk mengobati jerawat, yaitu :

  1. Menormalkan pengelupasan kulit. Seperti telah dijelaskan di atas bahwa akibat kulit mati yang melekat dan menumpuk, maka pori-pori jadi tertutup. Sehingga perlu diberi obat untuk menormalkan pengelupasan kulit agar pori-pori selalu terbuka. Pori-pori yang terbuka akan mencegah sebum (produk kelenjar minyak) ikut menumpuk. Dan diketahui sebum merupakan sumber makanan bagi bakteri. Sehingga langkah ini merupakan langkah pertama meski tidak selalu diberikan pertama kali pada waktu penderita ke dokter. Karena obat-obat yang dapat membantu menormalkan pengelupasan kulit tidak boleh diberikan bila kulit masih ada ’luka-luka’, misalnya bila ada banyak pencetan jerawat. Juga bagi wanita hamil dan menyusui perlu perhatian khusus untuk memakai obat golongan ini. Obat yang masuk golongan ini adalah Retinoid.
  2. Mengurangi atau mengeliminasi bakteri P. Acne (bakteri penyebab jerawat). Langkah ini bisa diatasi dengan pemberian antibiotika, baik yang dioleskan dan bila perlu diminum.
  3. Mengangkat sumbatan pori-pori. Ini ada hubungannya dengan langkah pertama, tetapi lankah ketiga ini ditujukan pada sumbatan yang sudah ada. Obatnya sama dengan langkah pertama dan ada alternatif lain seperti AHA (alfa hidroksi acid), asam salisilat (BHA).
  4. Mengurangi inflamasi yang ada. Ini dapat dicapai dengan pemberian obat-obat anti-inflamasi.
  5. Menurunkan produksi sebum. Ini dapat dicapai dengan pemberian retinoid (seperti langkah pertama dan ketiga) atau pemberian obat ’homon’ seperti pil KB tertentu.

Demikianlah sekilas prinsip pengobatan jerawat, dan perlu diketahui tidak semua penderita jerawat memerlukan semua langkah di atas. Tiap individu perlu pendekatan khusus tergantung masalahnya. Yang jelas, untuk mendapat hasil pengobatan jerawat yang optimal dan terbebas dari jerawat, kita tidak bisa mengharapkan seperti sulap. Harus sabar dan telaten, karena -paling cepat- diobati awal bulan ini baru menunjukkan hasil sekitar akhir bulan depan…

Sumber : Cosmetic Dermatology : principles & practice. Leslie Baumann, MD.

Entry filed under: Kesehatan Kulit. Tags: , , .

Kisah 8 dirham yang penuh berkah Seputar Keputihan yang ‘normal’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


jumlah kunjungan

  • 124,341 kunjungan
Oktober 2008
S S R K J S M
« Sep   Nov »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d blogger menyukai ini: