Benarkah memberi uap panas pada wajah dapat menyembuhkan jerawat?

September 25, 2008 at 3:19 am 13 komentar

Telah diketahui beberapa faktor yang dapat memperburuk jerawat. Menghindarinya akan membantu untuk mendapatkan hasil pengobatan jerawat yang optimal dan juga mencegah jerawat kambuh setelah pengobatan yang berhasil. Apa saja faktor tersebut? Di bawah ini akan dipaparkan secara singkat.

  • Memencet jerawat. Tindakan ini akan menyebabkan timbulnya ‘luka’ yang memudahkan bakteri ikut memperburuk situasi dan sekaligus juga menambah radang. Hasil yang didapat justru bekas jerawat menjadi jaringan parut yang dalam, lebih gelap dan permanen.
  • Pada wanita : menjelang haid. Pada sekitar 40% wanita akan timbul jerawat menjelang haid. Ini sehubungan dengan fluktuasi normal hormon. Jerawat biasanya akan segera hilang setelah haid selesai. Untuk mengurangi hal ini, dapat digunakan krim anti-jerawat tertentu.
  • Stres. Jerawat akan memburuk dalam keadaan stres, gelisah, cemas dan tegang. Untuk memperbaikinya disarankan mempelajari cara-cara mengurangi stres dan teknik relaksasi.
  • Krim dan obat-obat oles tertentu. Beberapa krim yang dapat memperburuk jerawat diantaranya adalah yang berbahan dasar minyak. Obat tertentu untuk eksim bila tidak digunakan dengan tepat dapat memperburuk situasi.
  • Obat. Beberapa obat (minum) telah ditengarai dapat memicu timbulnya jerawat seperti obat yang mengandung hormon tertentu.
  • Kosmetik. Sebagian besar orang dapat memakai kosmetik tanpa efek samping, tetapi, terdapat sebagian kecil yang mengalami jerawat setelah pemakaian kosmetik. Yang sering tidak disadari adalah bahwa jerawat karena kosmetik ini tidak langsung timbul tetapi terjadinya beberapa bulan setelah pemakaian kosmetik tersebut. Untuk menguranginya, sebagai panduan umum pakailah kosmetik yang dikeluarkan oleh persahaan yang mempunyai reputasi baik dan terdapat label non-komedogenik.
  • Pekerjaan. Pekerjaan yang berhubungan dengan bahan kimia tertentu dapat juga memperburuk jerawat. Seperti insoluble cutting oils , crude petroleum, diesel oil dan halogenated aromatic hydrocarbon (pada pabrik konduktor, insulator, insektisida, fungisida dan herbisida)
  • Iklim. Pada cuaca panas, kelembaban tinggi dan lingkungan kerja seperti di dapur dan ruang setrika, biasanya jerawat dapat memburuk. Belum diketahui dengan pasti mengapa hal ini terjadi. Tetapi telah diketahui bahwa lapisan terluar kulit akan membengkak pada kondisi tersebut dan ini justru akan menutup pori-pori sehingga timbullah jerawat. Hal yang sama juga terjadi bila kita memberi uap panas (artifisial) pada wajah. Banyak orang berkeyakinan tindakan ini akan membuka pori-pori mereka, padahal yang sesungguhnya terjadi adalah seperti penjelasan di atas….

Sumber : Acne, facts and tips for clear skin, National Skin Centre. Singapore

Entry filed under: Kesehatan Kulit. Tags: , , , .

Kenali faktor-faktor yang mempercepat penuaan dini pada kulit Kisah 8 dirham yang penuh berkah

13 Komentar Add your own

  • 1. serly  |  Desember 26, 2008 pukul 4:58 am

    jadi kesimpulannya,walau kita kompres pake air panas tidak berarti dapat mengurangi bengkak jerawat.Diperlukan kesimpulan yang akurat.

    Balas
    • 2. mariasonhaji  |  Desember 28, 2008 pukul 9:45 am

      Ya Mbak, berdasarkan buku tersebut memberi uap panas bukannya memperbaiki, tapi malah memperburuk jerawat. Trims atas sarannya ya…

      Balas
  • 3. das  |  Januari 8, 2009 pukul 8:30 am

    ksi tau d0nk cAra yg ampuh buat ngatasn jerawat n kosmetik yg aman wat nymbuhn jerwat.thx b4

    Balas
    • 4. mariasonhaji  |  Januari 16, 2009 pukul 12:58 am

      sori banget baru sempet bales. cara ampuh tiap orang beda, tergantung jenis jerawatnya. tapi secara umum seperti di artikel : Jerawat, diobati sekarang sembuh bulan depan, atau Panduan membersihkan wajah yang benar. Jenis yang diderita apa? yang banyak komedo atau yang meradang? kalau meradang hebat tentu perlu obat minum (resep) atau mungkin perlu juga disuntik. tapi paling nggak dengan perawatan sehari-hari yang tepat diharapkan jerawat tidak semakin memburuk..kalau mau diskusi lebih jauh boleh kok kirim foto untuk dievaluasi jenis jerawatnya ke alamat e-mail. ok deh, ditunggu yaaa

      Balas
      • 5. febry  |  Juni 20, 2010 pukul 12:07 pm

        aku mulanya gak berjerawat, tapi stelah aku pake bedak n pake alas bdak,,, kwok muka aku jdi jerawtan,, tapi jerawat saya kecil-kcil,,, n brisi kyak butiran bras gtu,,,

      • 6. mariasonhaji  |  April 1, 2014 pukul 11:50 am

        pakai bedaknya padat atau tabur? bbrp kosmetik yang sering menimbulkan jerawat adalah bedak padat, alas bedak & blush on ..

  • 7. Indah  |  April 18, 2009 pukul 5:35 pm

    Q pgen ngilangin jrwt di wjah q yg lg meradang,
    ad yg blg,Memakai pasta gigi jg bs mngurangi bengkak atau rdang pada jerawat??bner gak sich??

    Balas
    • 8. mariasonhaji  |  April 20, 2009 pukul 6:37 am

      @ Mb Indah..saya tdk menganjurkan cara tsb krn ada risiko tambah iritasi. seharusnya kondisi demikian diberi antibiotika (bisa hanya oles atau minum trgantung luas/banyak tidaknya yang meradang). bila telah mengganggu lebih baik Mb ke dr kulit terdekat utk konsultasi dan mendapat perawatan yang tepat. semoga cpt teratasi masalahnya ya! salam..

      Balas
  • 9. vy  |  Oktober 14, 2010 pukul 7:21 am

    jadi sebenernya jerawat itu mesti dikeluarin ato diobatin sampai kempes?? trims

    Balas
    • 10. mariasonhaji  |  Maret 3, 2012 pukul 5:34 pm

      Mnrt sy lbh baik diobatin smp kempes

      Balas
  • 11. afhie fha  |  Juli 9, 2011 pukul 7:36 am

    aku pengen ilangin jerawat yang bengkak
    dan merah-merah gitu??
    ada yang bilang pakek darah haid kita jerwat bakal musnah
    dan ada yang bilang pakai odol pun bisa??
    apa bener semua itu ia mbak??
    harap bales

    Balas
    • 12. mariasonhaji  |  Maret 3, 2012 pukul 5:26 pm

      Saya tdk setuju dgn cara pengobatan spt itu. Jerawat yg meradang apalg kalo byk perlu obat yg diminum disertai perawatan sabun pembersih khusus kulit berjerawat/ berminyak, krim2 ttt dan yg terpenting diet & pola hidup yg sehat, tks

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


jumlah kunjungan

  • 124,344 kunjungan
September 2008
S S R K J S M
    Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

%d blogger menyukai ini: