Waspadai sinar matahari!

September 23, 2008 at 3:46 am Tinggalkan komentar

Banyak yang menganggap bahwa sinar matahari adalah sumber vitamin D yang sangat penting bagi kita, padahal kenyataannya kita tidaklah seperti tumbuhan yang sangat memerlukan sinar matahari untuk tumbuh dan mempertahankan kehidupan secara langsung. Pada masyarakat yang hidup sehat (tidak/jarang mengkonsumsi junk food) kebutuhan vitamin D sudah tercukupi dari diet normal sehari-hari.

Efek yang lebih nyata akibat paparan sinar matahari secara langsung pada manusia justru efek yang berbahaya terutama pada kulit dan mata. Sehingga, seperti halnya olah raga dan diet yang seimbang, maka melindungi diri dari paparan sinar matahari juga merupakan hal yang penting, baik untuk menjaga kesehatan sekaligus penampilan.

Beberapa tahun terakhir, efek buruk akibat paparan sinar matahari lebih berbahaya dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan berkurangnya lapisan ozon pada atmosfir bumi. Kita ketahui bahwa lapisan ini berfungsi sebagai ‘protective filter’ untuk melindungi kita dari radiasi ultraviolet yang berbahaya.

Untuk lebih jelas, di bawah ini akan disebutkan beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari.

  • Sunburn (kulit terbakar)
  • Fototoksik ( reaksi tidak menyenangkan yang timbul setelah seseorang mengkonsumsi makanan/ obat tertentu atau mengaplikasikan bahan kimia atau ekstrak tumbuhan tertentu pada kulit)
  • Chloasma/ melasma (flek pada wajah)
  • Penuaan dini dan precancer
  • Kanker kulit
  • Menurunkan kekebalan tubuh
  • Kerusakan mata

Sebagai penduduk negara tropis, tentunya kita tidak mungkin setiap hari menghindari dari sinar matahari. Lantas, bagaimana solusinya? Salah satunya adalah dengan pemakaian tabir surya. Tetapi, meski dengan pemakaian tabir surya yang tepat (memilih yang SPFnya tepat, sediaannya tepat, kandungannya tepat, dipakai sekitar 30 menit sebelum terpapar matahari, dlsb), bukan berarti kita boleh ’menantang’ sinar matahari. Tetap sebisa mungkin menghindari paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama.

Selain itu, karena sinar matahari juga berbahaya bagi mata, maka pakailah selalu ’kaca mata pelindung’ (sunglasses) bila berada di luar ruangan dan terpapar radiasi sinar matahari. Kacamata pelindung ini bukan hanya melindungi mata, tetapi juga melindungi kulit sekitar mata. Karena bila terkena silau kita cenderung memicingkan mata, dan bila ini terjadi terus-menerus, maka kulit sekitar mata kita akan lebih cepat keriput. Seperti halnya pemilihan tabir surya, maka penting juga memperhatikan pemilihan kaca mata pelindung (seberapa besar perlindungan yang akan diberikan, warna/ kadar gelap dari lensa, ukuran yang tepat dlsb)

Sumber : How to have younger looking skin every day, Karen Burke M.D, Ph.D.

Entry filed under: Kesehatan Kulit, Kesehatan umum. Tags: , , .

Bagaimana cara memilih tabir surya? Ayah mencuri harta milik sang anak. Bagaimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


jumlah kunjungan

  • 124,344 kunjungan
September 2008
S S R K J S M
    Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

%d blogger menyukai ini: