Kenali faktor-faktor yang mempercepat penuaan dini pada kulit

September 23, 2008 at 2:53 pm 6 komentar

Terdapat dua proses utama pada penuaan kulit yaitu intinsik dan ekstrinsik. Proses intrinsik (dari dalam/penuaan kronologis) terjadi karena secara genetik perubahan-perubahan pada kulit telah terprogram. Bila proses ekstrinsik tidak ada, maka penuaan kulit akibat proses intrinsik ditandai dengan kulit yang cenderung halus dengan garis-garis yang lebih jelas pada ekstpresi wajah. Sebenarnya, kulit kita mulai menua sejak kita dilahirkan tetapi penuaan ini meningkat dan tampak secara nyata ketika kita mulai berusia 20 tahun.

Tetapi seringkali seseorang tampak lebih tua dari umurnya dan ini disebabkan terjadinya proses penuaan dini atau proses ekstrinsik. Ini terjadi terutama pada area yang terekspos seperti wajah, leher, dan punggung tangan. Proses ekstrinsik disebabkan berbagai faktor dari luar yang sebenarnya dapat diusahakan untuk dikurangi.

Faktor eksternal apa saja yang mempercepat terjadinya penuaan kulit?

  • Kerusakan karena sinar ultraviolet (UV) dalam waktu lama (kronis) pada kulit. Sinar UV adalah sinar yang tidak tampak yang berasal dari matahari. Paparan terhadap sinar matahari yang terus-menerus bertanggung jawab terhadap 80% penuaan kulit pada wajah. Sinar matahari dapat meningkatkan enzim metaloproteinase yang dapat memcah kolagen yang selanjutnya dapat mengakibatkan kerutan pada kulit. Paparan sinar matahari juga dapat meningkatkan produksi pigmen pada kulit. Serat elastik juga menurun sehingga kulit kehilangan elastisitas. Selain itu, radikal bebas yang dihasilkan dapat menambah kerusakan kolagen dan serat elastik.
  • Merokok. Telah diamati sejak lama, terjadi penuaan dini berupa timbulnya kerutan-kerutan pada perokok –terutama perokok perempuan. Perubahan lain yang berhubungan dengan rokok adalah kulit berwarna abu-abu pucat, proses penyembuhan yang lambat bila terjadi luka dan meningkatnya risiko untuk timbulnya kanker di mulut. Seperti halnya sinar UV, merokok juga menyebabkan timbulnya radikal bebas dan menyebabkan protein yang memecah kolagen dan serat elastik. Belum lagi, merokok juga kelembaban kulit. Menurunnya aliran darah ke kulit akibat penyempitan pembuluh darah kecil juga menyebabkan tertimbunnya ’sampah toksik’ di kulit.
  • Pengaruh ekspresi. Ekspresi tertentu pada wajah yang menjadi kebiasaan selama bertahun-tahun pada awalnya hanya menghasilkan kerutan pada saat wajah digerakkan, tetapi lambat laun menjadi permanen. (Sehingga benar adanya ungkapan lama bahwa bila sering marah jadi cepat tua, karena ekspresi pada waktu marah menimbulkan beberapa kerutan yang lama-lama menjadi permanen)
  • Lingkungan dengan kelembaban yang rendah. Pada kondisi ini, kulit lebih sedikit memproduksi minyak dan cenderung lebih banyak air yang hilang lewat kulit. Ini menyebabkan kulit menjadi kering, kasar dan kusam.

Bagaimana mencegah penuaan dini pada kulit?

Tentunya dengan mengatasi penyebab, yaitu faktor-faktor yang telah disebutkan di atas seperti menghindari paparan sinar matahari yang kronis ( bahkan harus dikurangi sejak masa anak-anak), tidak merokok, menghindari mengernyitkan wajah secara berlebihan dan bila harus sering terkena AC maka pelembab harus secara rutin dipakai.

Entry filed under: Kesehatan Kulit. Tags: , , , .

Ayah mencuri harta milik sang anak. Bagaimana? Benarkah memberi uap panas pada wajah dapat menyembuhkan jerawat?

6 Komentar Add your own

  • 1. infoGue  |  Oktober 24, 2008 pukul 9:00 am

    Artikel anda di

    http://penuaan.infogue.com/kenali_faktor_faktor_yang_mempercepat_penuaan_dini_pada_kulit

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    Balas
  • 2. mariasonhaji  |  Oktober 25, 2008 pukul 2:24 am

    Okey, trims atas masukannya.

    Balas
  • 3. fitri  |  Desember 5, 2008 pukul 4:57 am

    ada yang kurang di part cara mencegah penuaan dininya : rutin pake sunblock nya manaaa?? even udah ada bahasan sendiri tentang sunblock tapi perlu tuh disinggung dikit di part ini…just a suggestion kok say..hehe..

    Balas
    • 4. mariasonhaji  |  Desember 5, 2008 pukul 6:06 am

      Trims atas sarannya ya, bener banget tuh, entar kalo udah sempet ku edit deh biar luengkapp..

      Balas
  • 5. hairani  |  Desember 13, 2008 pukul 12:39 am

    Trimakasih ya…tipsnya…Duh,senangnya bisa awet cantik lebih lamaa…anak-anak suka muji…mamaku cantik sekali…he..he..

    Balas
    • 6. mariasonhaji  |  Desember 13, 2008 pukul 5:36 am

      Alhamdulillah bisa saling berbagi info yang bermanfaat, tapi sebenarnya ada yang kurang di bag pencegahan. Harusnya dicantumkan selain menghindari paparan sinar matahari sebisa mungkin, juga diwajibkan pakai tabir surya (yang cara pemakaiannya ada di artikel lain) ..Terima kasih juga telah membaca dan memberi tanggapan. Salam gemes buat Ananda dan semoga Mb Hairani selalu cantik dan awet muda, he he he

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


jumlah kunjungan

  • 124,341 kunjungan
September 2008
S S R K J S M
    Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

%d blogger menyukai ini: