Bagaimana cara memilih tabir surya?

September 22, 2008 at 3:04 am 2 komentar

Seringkali kita mendengar bahwa untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, kita diwajibkan memakai tabir surya (sun screen). Tetapi karena produk tabir surya tersedia dalam berbagai bentuk (krim, gel, lotion, salep) dengan SPF yang bermacam-macam pula, terkadang jadi bingung untuk memilihnya. Di sini saya akan memaparkan seluk beluk tabir surya yang bersumber dari buku “How to have younger looking skin every day” yang ditulis oleh Karen Burke M.D, Ph.D. seorang ahli kulit dan peneliti yang berdomisili di New York dan salah seorang staf Cabrini Medical Center.

Tabir surya sesungguhnya bukan sekedar kosmetik, melainkan termasuk golongan obat-obatan yang berarti seluruh kandungannya harus melewati uji untuk membuktikan keamanan dan ke-efektifan-nya. Tiap bagian dari formulasi tabir surya juga harus diperiksa sebelum dijual untuk memperlihatkan sun protection factor (SPF) yang dipunyai.

Sun Protection Factor

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa semakin tinggi SPF, maka semakin terlindung pula kulit kita dari pengaruh sinar matahari. SPF menggambarkan setelah berapa lama kulit yaang dilindungi tabir surya mengalami sunburn (terbakar) dibandingkan dengan kulit yang tidak dilindungi tabir surya. Contohnya, bila secara alami kulit anda terbakar setelah 20 menit terpapar sinar matahari tanpa perlindungan, maka dengan perlindungan tabir surya SPF 15 anda baru akan mengalami kulit terbakar dengan derajat yang sama setelah 15×20 menit atau 5 jam.

Berbagai macam tabir surya

Kandungan tabir surya pada dasarnya terdiri dari 2 macam yaitu fisika dan kimia. Tabir surya fisika seperti zinc oxide dan micronized titanium dioxide dapat menghalangi seluruh radiasi ultraviolet(UV) karena bertindak sebagai penghalang fisik yang memantulkan cahaya melalui permukaan kulit. Sedangkan yang kimia berfungsi menyerap ultraviolet dengan panjang gelombang tertentu. Contoh tabir surya kimia adalah para-aminobenzoic acid (PABA) dan turunannya (PABA ester) , sinamat, salisilat (ketiga tipe ini hanya menyerap ultraviolet B/UVB), benzophenon (hanya menyerap ultraviolet A/ UVA), dan antranil (yang dapat menyerap UVA maupun AVB). PABA dan PABA ester adalah tabir surya kimia yang paling efektif menyerap UVB tetapi sayangnya keduanya cenderung menyebabkan alergi. Untuk memilih tabir surya, penting diperhatikan untuk memilih yang dapat memberi perlindungan baik UVA maupun UVB.

Waterproof dan water-resistant

Tabir surya water-resistant berarti tabir surya tersebut akan dapat bertahan sampai 40 menit setelah berenang atau terkena keringat setelah melakukan olah raga. Sedangkan tabir surya waterproof bertahan sampai 80 menit. Bila anda sering berenang atau berolahraga yang menghasilkan banyak keringat, disarankan memakai tabir surya waterproof dan ulangilah pemakaiannya paling tidak setelah 1- 2 jam. Perlu diketahui bahwa kulit yang basah akan menyerap lebih banyak radiasi UV karena lapisan terluar kulit lebih transparan dan ketika berenang hal tersebut akan memantulkan cahaya dari permukaan air.

Gel, lotion, krim atau salep?

Untuk memilih bentuk tabir surya yang cocok, ini tergantung jenis kulit anda. Bila kulit anda cenderung untuk berminyak dan mudah untuk timbul jerawat, maka pilihlah tabir surya dengan micronized titanium dioxide atau bentuk gel atau dengan bahan dasar alkohol. Tetapi bentuk gel dan bahan dasar alkohol ini dapat meng-iritasi kulit kering. Sebaliknya, bentuk krim dapat melembabkan kulit tetapi dapat ’tercuci’ dengan mudah. Terkadang untuk satu orang perlu lebih dari satu tabir surya, contohnya seseorang dengan kulit wajah tipe berminyak tetapi tangan dan badan memiliki tipe kulit kering. Untuk orang tersebut dapat dipakai tabir surya bentuk gel untuk wajah dan bentuk krim untuk tangan dan badan.

Entry filed under: Kesehatan Kulit. Tags: , , .

Jerawat … apa itu ? Waspadai sinar matahari!

2 Komentar Add your own

  • 1. Alis  |  Juli 4, 2009 pukul 5:00 am

    Kulit wajahku trmsuk jenis kulit yang berminyak dan berjerawat…
    Aku bingung harus pkai apa…
    Waktu aku n0nt0n acra internasional yang membahas tentang kulit wajah,disitu dijelaskan bahwa seseorang diharuskan menggunakan tabir surya agar terlindung dari sinar ultraviolet
    dan untuk jenis kulit seperti saya disarankan menggunakan tabir surya berbentuk gel
    tapi masalahnya
    bagaimana caranya saya mendapatkan tabir surya yang saya butuhkan?
    Sementara di toko2 menjual bermacam-macam tabir surya dengan berbagai produk.lalu produk mana yang harus saya pilih?
    Apa nama tabir surya yang harus saya pilih?

    Balas
  • 2. Nayla  |  Januari 15, 2015 pukul 9:18 am

    SPF 50 sebenarnya cocok gak sich utk kulit kering?
    please infonya.thx

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


jumlah kunjungan

  • 124,341 kunjungan
September 2008
S S R K J S M
    Okt »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

%d blogger menyukai ini: